SMK KARYA BHAKTI

SMK KARYA BHAKTI BANDUNG NPSN:20219296 Ijin operasional No.1172/102/OT/95 Komp. Cilengkrang II Jl. Manglayang IV No.7D Rt.03/06 Kel. Palasari Kecamatan Cibiru Kota Bandung 40615

Minggu, 14 Agustus 2016

Pengertian Motor Empat Langkah

Siswa jurusan  Otomotif pasti sering mendengar istilah " Motor empat Langkah" , apa sih Motor empat langkah itu? sebelum lebih jauh membahas itu, saya akan mencoba membahas apa itu motor. Motor bagi orang sunda pasti yang terbayang adalah sepeda Motor. Namun secara istilah di dunia otomotif Motor itu adalah diartikan sebagai penggerak.Artinya sebagai bagian dalam sebuah sistem yang berfungsi menggerakan agar sistem tersebut berfungsi.
Kembali ke pembahasan awal mengenai Motor empat langkah, Apa sih motor empat langkah itu? kita tahu bahwa di awal paragraf kita bahas arti motor adalah sebagai penggerak, maka seyogyanya sebuah motor maka harus menjadi sumber penggerak. Gerakan bisa disebabkan oleh berbagai sebab, bisa listrik maka disebut motor listrik, sedangkan untuk motor empat langkah sumber nya adalah ledakan bahan bakar didalam silinder, yang dimanipulasi sehingga menjadi gerak rotasi pada crank shaft. Namun untuk mendapat ledakan tersebut diperlukan langkah-langkah manipulasi. nah jumlah langkah supaya diperoleh satu kali ledakan adalah empat kali,  karena itulah disebut "motor empat langkah". dengan kata lain Motor empat langkah adalah motor yang memerlukan empat langkah torak untuk satu kali kerja, atau motor yang memerlukan dua langkah crank shaft untuk satu kali kerja.
Langkah-langkah pada motor empat langkah adalah sebagai berikut:
Gambar 1. Langkah-langkah torak

1. Langkah hisap (intake)
Langkah Hisap adalah proses menghisap campuran bahan dan udara sebagai akibat bergeraknya Piston dari TMA ke TMB sehingga terjadi kevakuman diatas piston. Katup Buang tertutup sedangkan katup masuk terbuka. 
Gambar 2 langkah Hisap/Intake

2. Langkah kompresi (compression)
 Langkah Kompresi adalah langkah dikompresinya campuran bahan bakar dan udara, akibat bergeraknya piston dari TMB ke TMA dan kedua katup dalam keadaan tertutup, sehingga volume berkurang dan temperatur  dan tekanan meningkat.
Gambar 3 langkah Kompresi

3. Langkah kerja (power)
Langkah kerja adalah langkah yang dicari dalam motor empat langkah ini. Langkah ini adalah peristiwa terjadinya ledakan akibat terbakarnya campuran bahan bakar dan udara dalam ruang bakar yang menyebabkan menekan ke segala arah dan mendorong piston dari TMA ke TMB.
Gambar Langkah kerja
4. Langkah buang (exchaust)
langkah buang adalah langkah setelah langkah kerja, dimana piston bergerak dari TMB ke TMA mendorong gas hasil pembakaran, piston masuk tertutup dan piston buang terbuka sehingga gas hasil pembakaran di dorong keluar melalui katup buang dan diteruskan ke knalpot .
gambar 5 langkah Buang 
 Demikian Langkah-langkah yang terjadi pada motor empat langkah, dan itu terus berulang-ulang dengan waktu jeda antar langkah yang sangat singkat. 

Resume Mata Pelajaran 
Siswa Teknik Sepeda Motor SMK Karya Bhakti Bandung 
Jl. Cilengkrang IV No 7 D Kel. Palasari, Kec. Cibiru Kota Bandung 
Ekstra Kurikuler Otomotif Study Club

0 komentar:

Posting Komentar